Orang Terpandai Di Dunia Grigory Perelman


Orang Terpandai Di Dunia Grigory Perelman



Grigory Perelman, 43 tahun, matematikawan Rusia, Ia disebut sebagai "orang terpandai di dunia" dan telah mencengangkan para akademisi dan para ahli matematikan dunia, ketika ia mengumumkan bahwa ia telah memecahkan masalah matematika yang sangat rumit dan belum dapat terpecahkan.

Uniknya dia menolak segala pujian, penghargaan, hadiah uang yang besar, dan lebih memilih bertahan hidup seperti seorang pertapa. Dia hnaya tinggal di sebuah apartemen tua dengan dua kamar tidur bersama ibunya yang telah tua di St Petersburg. Terakhir dia mendapatkan penawaran hadiah akademik yang bernila 1 Juta $ US. Dengan tegas dan sopan dia hanya menjawab bahwa dia akan mempertimbangkan tawaran tersebut.

Pria Rusia ini telah menolak kehormatan yang tinggi sebelumnya. Pada tahun 2006, ia ditawari dan menolak untuk menerima Medali Fields, dalam dunia matematis penghargaan ini setara dengan Hadiah Nobel. Dia hanya mengatakan dia "tidak tertarik pada uang atau ketenaran" dan tidak ingin "semua orang memberi perhatian kepadanya, dia mengibaratkan dirinya seperti makhluk yang ada di kebun binatang".

"Grisha" sebagaimana ia dikenal teman-temannya, dilahirkan pada 1966.

Ibunya, Ludmila, adalah seorang matematikawan berbakat, dan ayahnya Yakov, yang sekarang tinggal di Israel, adalah seorang insinyur terkemuka. Grisha muda sangat berbakat, Dia terdaftar di sekolah matematika elit. "Pada tahun 1981, ia menjadi yang terbaik usianya di Uni Soviet," kenang Sergey Rukshin, direktur sekolah.

Mr Rukshin ingat bagaimana, pada usia 14, Mr Perelman mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk matematika bahkan menyisihkan biola kesayangannya. "Itu sangat penting baginya untuk menjadi nomor satu," katanya. Meninggalkan kesenangan dan fokus pada tujuan.Dia dikenal sebagai anak ajaib.

Di Negara Rusia waktu itu, faham tidak mempercayai orang-orang Yahudi sangat kuat dan anak ajaib ini harus berenang melawan arus yang kuat anti-Semitisme. "Ini adalah waktu yang mengerikan bagi orang-orang Yahudi," kata Rukshin. "Grigory adalah murni Yahudi dan aku tidak pernah berpikiran tetang faham tersebut namaun tidak demiukian dengan penguasa. Saat penguasa mengetahui, tahu aku telah mengundangnya untuk belajar di pusat matematika Rusia, pimpinan ditegur untuk faktor faham' politik etnis'."

Mr Perelman tetap berhasil memperoleh Leningrad PhD di universitas sebelum mengamankan posisi di lembaga tertinggi. Pada akhir 1980-an ia pindah ke Amerika untuk melakukan penelitian di universitas.

Dia sangat tertarik dalam mempelajari secara rutin makalah akademis dan bertekad untuk fokus pada pemecahan teka-teki matematika yang kompleks yang dikenal sebagaikonjektur Poincare yang telah bingung matematikawan selama lebih dari satu abad. Tapi tampaknya rekan-rekan barunya kehilangan kesabaran dengan dia. Dia memilih untuk mundur dan bekerja sendiri.

Pada tahun 2002 dan 2003 ia diam-diam telah menerbitkan jawaban atas konjektur Poincare, yang melibatkan membuktikan hipotesis tentang tiga dimensi ruang dan akademisi yang percaya dapat lebih jauh pemahaman kita tentang bagaimana alam semesta terstruktur.

Butuh waktu empat tahun untuk tim akademisi dan ahli matematika di seluruh dunia untuk memeriksa Solusi dari Mr Perelman , tetapi akhirnya mereka membenarkan bahwa ia telah berhasil dan banyak ahli yang berpikir itu telah terpecahkan.

Tetangga melaporkan bahwa dia mengisi waktunya dengan bermain tenis meja ke dinding. Setiap hari mereka melihat dia berjalan ke sebuah toko kelontong di 1:30 di mana dia membeli hal yang sama: telur, keju, spaghetti, krim asam, roti dan satu kilo jeruk.

Beberapa wartawan yang mencoba menemuinya, hanya mendapatkan jawaban dari balik pintu yang tertutup. Para jurnalis menanyakan, "apakah dia akan menerima penawan hadiah US 1 Juta" tersebut ?, "Saya belum memutuskan," jawabnya, juga berucap dan menegaskan, "tidak ada yang perlu diketahui tentang dirinya".

Dikutip dari Telegraph London